Langsung ke konten utama

Mengatasi Bad Mood Saat Hamil

Mood selama kehamilan

Wanita hamil pun perlu tampil cantik dan tampil cantik itu selain menyenangkan untuk dilihat orang lain, juga menyenangkan bagi diri sendiri. Namun, bagaimana jika bad mood melanda?


 
Kehamilan pertama dan kedua, bisa jadi Anda berada pada situasi yang berbeda. Bisa jadi dalam kehamilan pertama, status Anda: BEKERJA, pergi pagi pulang petang. Bisa jadi dalam kehamilan kedua, status Anda: IBU RUMAH TANGGA SEPENUH WAKTU. Atau mungkin keadaan sebaliknya yang Anda alami? 


Apapun yang Anda hadapi, bad mood dapat saja melanda wanita yang tengah hamil. Tapi ingatlah, ada sebuah kehidupan yang sedang berkembang di dalam rahim seorang wanita hamil yang membutuhkan Anda untuk dapat menguasai kondisi psikologis diri Anda sendiri. Stress pada wanita hamil mempunyai dampak negatif bagi bayi yang kelak Anda lahirkan.


Kerja...kerja...kerja...dengan mood bagus, ataupun mood sedang jelek...penguasaan diri sangat diperlukan karena tanggung jawab kepada tuntutan deskripsi jabatan dan kepada atasan. Mual, pusing kadang-kadang, lelah, mau tidak mau tidak terlalu diperhatikan. Ada pekerjaan dan teman-teman kantor yang dapat menjadi pengalih perhatian. Tapi ada juga bos yang bossy dan paranoid minta ampun yang mau tidak mau juga harus dihadapi.


Nah...yang lebih heboh, jika pada masa kehamilan, Anda sudah tidak lagi bekerja di luar rumah dan bertekad untuk mengelola bisnis dari rumah. Sebenarnya, kondisi ini dapat menjadi lebih baik karena Anda dapat mengatur waktu untuk apa saja. Tapi yang berbahaya jika mood jelek sedang melanda, mau melakukan apa saja rasanya malas, padahal tanggung jawab berbisnis mandiri di rumah tidak kalah pentingnya dengan tanggung jawab kepada bos di kantor. Pasti lah ya, karena bisnis mandiri adalah sepenuhnya milik pribadi dan merupakan masa depan keuangan keluarga.


Inilah yang dapat Anda lakukan untuk mengawali hari agar tetap bersemangat bekerja di rumah selama masa kehamilan:
  1. Mandi pagi, guyur tubuh Anda dengan air bak atau shower tanpa air hangat. Mandi pagi akan menyegarkan tubuh Anda.  
  2. Gunakan wewangian yang Anda sukai karena pada wanita hamil preferensi jenis wewangian dapat berubah
  3. Tetap sempatkan untuk bertemu dengan orang-orang, bertegur sapa dan tersenyumlah. Mungkin hal ini dapat Anda coba untuk lakukan, belanja di Mbak tukang sayur yang lewat, sempatkan bertegur sapa dan tersenyumlah. Mbak tukang sayur pun akan tertular semangat Anda, mungkin saja ia sedang mengalami keadaan yang kurang baik dan sapaan Anda dapat meringankan hatinya. Dengan, membuat orang lain senang, Anda pun akan memiliki sukacita.
  4. PENTING: jika Anda merasa tidak bersemangat melakukan ketiga langkah di atas, ingatlah hanya diri Anda sendiri yang mampu menepuk diri Anda untuk beranjak bangkit dari mood jelek. Tidak ada pil manjur sebagai 'obat semangat', semuanya harus dimulai dari diri Anda.

Topik yang terkait dengan "Kehamilan dan Kecantikan" dapat Anda temukan di:

Kehamilan dan Perawatan Kecantikan (klik)

Postingan populer dari blog ini

Wajah Berjerawat Dilawan dengan Odol

Wajah berjerawat bikin geregetan! Itulah sebabnya, beberapa orang melakukan pencat-pencet jerawat-jerawat yang mulai menguning.  Keluarnya mata jerawat menimbulkan kepuasan tersendiri. Beberapa orang bereksperimen untuk mengobati jerawat dengan mengoleskan odol.       

Kulit Berjerawat..ke Dokter Kulit Sajakah?

Jerawat bukan hanya masalah bagi kaum remaja, kulit orang dewasa pun dapat berjerawat. Kulit wanita secara rata-rata lebih rentan berjerawat daripada kulit pria.

Resep Madu untuk Penurunan Berat Badan

Madu, adalah kawan baik yang berguna dalam menurunkan berat badan yang berlebihan. Lho, bukannya madu mengandung sejenis gula yang menyebabkannya terasa manis? Madu memang mengandung sejenis gula, namun madu juga mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Inilah salah satu keuntungan yang dapat diperoleh dari madu, dan tidak terdapat pada gula.