Langsung ke konten utama

Mengapa Kulit Menjadi Keriput?

Saat usia bertambah, tubuh kita pun menjadi kurang produktif dalam menghasilkan dua komponen penting yang bertanggung jawab atas penampilan kulit. Kedua komponen itu adalah kolagen dan elastin. Berkurangnya produksi kolagen dan elastin ini tidak serta merta menimbulkan efek yang drastis berupa kerut penuaan pada permukaan kulit. Efek penuaan berupa kerut halus dan garis pertanda usia yang makin bertambah akan muncul secara perlahan.

Selain karena faktor usia, faktor eksternal berupa serangan radikal bebas yang terdapat dari lingkungan yang tidak sehat akan membuat munculnya tanda penuaan lebih awal atau yang lazim disebut penuaan dini

Agar lebih mudah memahami apa itu radikal bebas, radikal bebas ini dapat diumpamakan sebagai perampok yang kekurangan tenaga, yang kemudian menyerang sel-sel yang sehat untuk mendapatkan tenaga bagi dirinya sendiri. Demikian halnya dengan cara kerja radikal bebas pada jaringan kulit, ia pun menyerang jaringan tempat terdapatnya kolagen dan elastin, menyebabkan kerusakan sel-sel kulit dan membuat seseorang menjadi nampak lebih tua dari usia sebenarnya.  

Dari mana asal radikal bebas? Radikal bebas dapat berasal dari luar tubuh, yaitu berupa racun-racun yang bertebaran di udara bebas, yang dihembuskan melalui polusi dalam bentuk asap kendaraan, asap rokok, asap pabrik dan radiasi sinar UV dari matahari. Radikal bebas yang berasal dari dalam tubuh ditimbulkan dari metabolisme di dalam tubuh, kondisi pikiran yang mengalami stress, konsumsi alkohol, zat-zat racun pada rokok, dan pengawet serta pewarna pada makanan.

Selanjutnya apa yang dapat kita usahakan agar, khususnya kulit, terlindung dari kondisi lingkungan yang buruk? Ini PR kita sebagai wanita yang peduli akan kesehatan dan keindahan kulit, yaitu dengan merawat kulit sejak dini agar terhindar dari penuaan dini dengan cara:
  1. Menghindarkan kulit dari pengaruh buruk sinar UV yang berasal dari matahari dengan cara mengenakan  krim atau losion tabir surya yang sesuai dengan profil kulit Anda dan lamanya Anda berada di bawah paparan sinar matahari langsung.
  2. Menjaga jaringan kulit dari serangan agen perusak, yaitu si radikal bebas, melalui asupan makanan yang mengandung antioksidan dan mengenakan produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan. 

Topik yang terkait dengan "Anti Penuaan Dini" dapat Anda temukan di:

Anti Penuaan Dini (klik)


Postingan populer dari blog ini

Wajah Berjerawat Dilawan dengan Odol

Wajah berjerawat bikin geregetan! Itulah sebabnya, beberapa orang melakukan pencat-pencet jerawat-jerawat yang mulai menguning.  Keluarnya mata jerawat menimbulkan kepuasan tersendiri. Beberapa orang bereksperimen untuk mengobati jerawat dengan mengoleskan odol.       

Kulit Berjerawat..ke Dokter Kulit Sajakah?

Jerawat bukan hanya masalah bagi kaum remaja, kulit orang dewasa pun dapat berjerawat. Kulit wanita secara rata-rata lebih rentan berjerawat daripada kulit pria.

Resep Madu untuk Penurunan Berat Badan

Madu, adalah kawan baik yang berguna dalam menurunkan berat badan yang berlebihan. Lho, bukannya madu mengandung sejenis gula yang menyebabkannya terasa manis? Madu memang mengandung sejenis gula, namun madu juga mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Inilah salah satu keuntungan yang dapat diperoleh dari madu, dan tidak terdapat pada gula.