Langsung ke konten utama

Penyebab Jerawat, Faktor Hormonal

Kulit wajah berjerawatPenyebab jerawat secara spesifik untuk tiap-tiap orang tidak diketahui secara pasti. Namun demikian, penyebab utama timbulnya jerawat dapat dikemukakan secara pasti, yaitu produksi minyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak secara berlebihan.  

Minyak berlebih bercampur dengan sel kulit mati akan menutup pori-pori dan menjadi tempat bagi bakteri penyebab jerawat untuk berkembang. Inilah awal mula munculnya jerawat. 
Nah, lalu...apa sih yang menyebabkan produksi minyak berlebih? Hormon testosteron disebut sebagai lakon penyebab jerawat secara tidak langsung. Hormon testosteron ini diproduksi baik oleh laki-laki ataupun perempuan. Pada usia memasuki pubertas, produksi hormon testosteron meningkat secara signifikan. Reaksi yang nampak adalah produksi minyak berlebih, yang dapat dilihat pada wajah (khususnya daerah T), punggung dan bahu. Itulah sebabnya pada remaja, jerawat cenderung timbul di wajah daerah T, punggung serta bahu.

Meskipun faktor hormonal dapat dipastikan sebagai penyebab jerawat yang utama, namun disarankan tidak melakukan pengobatan jerawat dengan terapi hormonal. Jerawat karena ketidakseimbangan hormonal ini biasanya usai di usia duapuluhan. Sementara itu, alih-alih menggunakan pil hormonal, cegah munculnya jerawat dengan menjaga kebersihan kulit wajah dan berpola hidup sehat.

Topik yang terkait dengan "Jerawat" dapat Anda temukan di:

Perawatan Kulit Berjerawat (klik)


Postingan populer dari blog ini

Wajah Berjerawat Dilawan dengan Odol

Wajah berjerawat bikin geregetan! Itulah sebabnya, beberapa orang melakukan pencat-pencet jerawat-jerawat yang mulai menguning.  Keluarnya mata jerawat menimbulkan kepuasan tersendiri. Beberapa orang bereksperimen untuk mengobati jerawat dengan mengoleskan odol.       

Kulit Berjerawat..ke Dokter Kulit Sajakah?

Jerawat bukan hanya masalah bagi kaum remaja, kulit orang dewasa pun dapat berjerawat. Kulit wanita secara rata-rata lebih rentan berjerawat daripada kulit pria.

Resep Madu untuk Penurunan Berat Badan

Madu, adalah kawan baik yang berguna dalam menurunkan berat badan yang berlebihan. Lho, bukannya madu mengandung sejenis gula yang menyebabkannya terasa manis? Madu memang mengandung sejenis gula, namun madu juga mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Inilah salah satu keuntungan yang dapat diperoleh dari madu, dan tidak terdapat pada gula.