Langsung ke konten utama

Hindari Ini untuk Kulit Berjerawat Semasa Hamil

Kosmetik aman bagi kehamilan

Berjerawat semasa hamil? Wanita hamil yang mengalami wajah atau tubuh yang mendadak berjerawat perlu berhati-hati, ya dalam memilih produk untuk mengobati jerawat. Karena tidak semua produk perawatan kulit berjerawat aman bagi bayi Bunda.


Ada beberapa bahan aktif yang harus diwaspadai, baik ketika Bunda mengobati jerawat dengan produk yang dioleskan maupun yang merupakan obat telan. Lotion, krim atau gel yang dioleskan untuk mengobati jerawat dengan bahan aktif yang membahayakan dapat terserap ke tubuh Bunda, terbawa aliran darah dan membahayakan bayi. Bisa jadi efek negatifnya tidak kelihatan pada saat itu juga. 


Untuk itu, coba cek beberapa bahan aktif berikut ini yang harus Bunda waspadai ketika memilih produk perawatan kulit berjerawat agar sang bayi pun aman.  
  • Retinoid. Retinoid adalah bentuk olahan vitamin A yang sangat diakui sebagai bahan aktif untuk pembaharuan sel-sel kulit. Banyak ditemukan pada produk perawatan kulit untuk mencegah penuaan dini. Accutane/isotretinoin adalah bentuk lain dari retinoid untuk konsumsi secara oral (sebagai obat telan). Accutane banyak ditemukan di produk-produk perawatan jerawat.

Periksa label produk perawatan kulit berjerawat yang Bunda beli agar tidak mengandung:
  1. Differin (adapelene)
  2. Retin-A
  3. Renova (tretinoin)
  4. Retinoic acid
  5. Retinol
  6. Retinyl linoleate
  7. Retinyl palmitate
  8. Tazorac and avage (Tazarotene)
  • Salicylic Acid merupakan asam lemah yang digunakan sebagai produk perawatan kulit berjerawat baik dalam bentuk lotion yang dioleskan, toner, dan pembersih wajah. Beta Hydroxy Acid (BHA) adalah bentuk lain dari salicylic acid yang sering digunakan sebagai bahan aktif produk pengelupasan kulit/eksfoliasi pada perawatan kulit anti penuaan dini. Hindari penggunaan produk yang mengandung salicylic acid baik yang digunakan dengan dioles ataupun sebagai obat telan. Tetapi pemakaian produk yang mengandung salicylic acid dalam jumlah kecil (lebih kecil dari 2 persen) sebagai toner ataupun pembersih wajah dinyatakan masih aman.

Periksa label produk perawatan kulit yang Bunda beli agar tidak mengandung:
  1. Salicylic acid
  2. Beta hydroxy acid (BHA)
Sebagai catatan, produk perawatan kulit yang mengandung bahan berikut dinyatakan aman bagi wanita hamil:
  1. Alpha Hydroxy Acids (AHA)
  2. Glycolic acid
  3. Lactic acid

Postingan populer dari blog ini

Wajah Berjerawat Dilawan dengan Odol

Wajah berjerawat bikin geregetan! Itulah sebabnya, beberapa orang melakukan pencat-pencet jerawat-jerawat yang mulai menguning.  Keluarnya mata jerawat menimbulkan kepuasan tersendiri. Beberapa orang bereksperimen untuk mengobati jerawat dengan mengoleskan odol.       

Kulit Berjerawat..ke Dokter Kulit Sajakah?

Jerawat bukan hanya masalah bagi kaum remaja, kulit orang dewasa pun dapat berjerawat. Kulit wanita secara rata-rata lebih rentan berjerawat daripada kulit pria.

Resep Madu untuk Penurunan Berat Badan

Madu, adalah kawan baik yang berguna dalam menurunkan berat badan yang berlebihan. Lho, bukannya madu mengandung sejenis gula yang menyebabkannya terasa manis? Madu memang mengandung sejenis gula, namun madu juga mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Inilah salah satu keuntungan yang dapat diperoleh dari madu, dan tidak terdapat pada gula.