Langsung ke konten utama

Wajah Berjerawat Dilawan dengan Odol

Wajah berjerawat bikin geregetan! Itulah sebabnya, beberapa orang melakukan pencat-pencet jerawat-jerawat yang mulai menguning.  Keluarnya mata jerawat menimbulkan kepuasan tersendiri. Beberapa orang bereksperimen untuk mengobati jerawat dengan mengoleskan odol.       

Manjur nggak sih mengobati jerawat dengan cara mengolesnya dengan odol? Pengobatan jerawat dengan cara ini sudah menjadi tradisi yang ditularkan dari mulut ke mulut di beberapa tempat. Apakah betul tidak ada efek samping dari cara ini? 

Odol atau pasta gigi memang mengandung bahan-bahan yang memiliki efek mengeringkan jerawat, termasuk membuat bagian kulit wajah yang tidak berjerawat pun menjadi kering bila terkena olesan odol. Inilah beberapa kandungan odol yang  menimbulkan efek kulit menjadi kering, yaitu baking soda, triclosan, dan mentol. Bahan-bahan odol semacam ini terkandung di dalam odol yang mempromosikan diri untuk membuat gigi menjadi lebih putih.

Namun perlu diwaspadai, meskipun jerawat dapat mengering dengan pengolesan odol, tetapi tidak semua bahan-bahan yang terkandung di dalam odol itu memang aman bagi kulit. Salah-salah bisa jadi kulit Anda teriritasi, apalagi bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif. 

Satu-satunya bahan yang tidak berbahaya bagi kulit di antara ketiga bahan yang disebutkan tadi adalah baking soda. Penggunaan baking soda dianjurkan untuk bagian wajah yang tidak berjerawat. Gunakan baking soda secara teratur untuk eksfoliasi/pengelupasan sel-sel kulit mati dengan cara mengaplikasikan ramuan baking soda. Cara menyiapkan ramuan baking soda ini sangat sederhana, yaitu:

  1. Campurkan baking soda dengan oatmeal yang belum dimasak. 
  2. Gunakan ramuan ini pada wajah dengan gerakan melingkar-lingkar yang mengarah ke atas (gerakan untuk memijat wajah). 

Perawatan kulit secara teratur dengan baking soda akan menyehatkan pori-pori kulit wajah. Pori-pori kulit wajah akan terbebas dari kotoran dan sel-sel kulit mati yang cenderung menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah.


Topik yang terkait dengan "Jerawat" dapat Anda temukan di:

Perawatan Kulit Berjerawat (klik)



Postingan populer dari blog ini

Kulit Berjerawat..ke Dokter Kulit Sajakah?

Jerawat bukan hanya masalah bagi kaum remaja, kulit orang dewasa pun dapat berjerawat. Kulit wanita secara rata-rata lebih rentan berjerawat daripada kulit pria.

Resep Madu untuk Penurunan Berat Badan

Madu, adalah kawan baik yang berguna dalam menurunkan berat badan yang berlebihan. Lho, bukannya madu mengandung sejenis gula yang menyebabkannya terasa manis? Madu memang mengandung sejenis gula, namun madu juga mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Inilah salah satu keuntungan yang dapat diperoleh dari madu, dan tidak terdapat pada gula.