Langsung ke konten utama

Tips Mengatasi Godaan Yang Merusak Program Diet

Begitu memutuskan untuk berdiet karena berat badan yang berlebihan, godaan pun datang. Godaan diet selalu berupa keinginan untuk makan makanan yang menjadi kesukaan Anda. Keinginan untuk makan ini dapat bersifat fisiologis atau psikologis. Tentu saja keinginan makan yang tidak terkendali adalah sesuatu yang harus ditundukkan jika Anda memang serius untuk mengusir kelebihan berat badan dan menjadi lebih sehat karenanya. 


Keinginan untuk makan yang bersifat fisiologis didorong oleh rasa lapar sedangkan keinginan untuk makan yang bersifat psikologis didorong oleh keinginan yang tiba-tiba muncul (keinginan biasanya timbul jika ada batasan) ataupun kebiasaan Anda dalam mengatasi perasaan yang ekstrim sedih ataupun bahagia.

Dalam program diet yang Anda jalani, bagaimana caranya agar Anda dapat mengatasi keinginan menyantap makanan tertentu yang sebetulnya dapat merusak program diet Anda?   
  1. Jangan biarkan tubuh tanpa asupan makanan lebih dari lima jam. Dalam waktu lima jam, gula darah akan turun dan timbulah keinginan untuk makan makanan manis. Jadi, ambilah cemilan bergizi yang rendah kalori untuk mengisi perut Anda di antara waktu makan pagi dan makan siang, serta di antara waktu makan siang dan makan malam. 
  2. Puaskan dahaga, minumlah cukup air putih. Kekurangan cairan (air putih) dapat menimbulkan keinginan makan makanan asin. Bawalah botol minum berisi air putih beserta Anda. Cara ini akan sangat membantu Anda konsisten dengan program diet Anda.  
  3. Seringkali hasrat yang menggebu untuk makan timbul karena luapan emosi. Untuk mengatasinya, isilah waktu dengan sesuatu yang menyenangkan dan bermanfaat seperti mendengarkan musik, menonton film.
  4. Sikatlah gigi Anda sesudah makan. Lingkungan mulut dan gigi yang sudah disikat bersih dapat menghapuskan keinginan untuk makan lagi. 
  5. Saat keinginan untuk makan begitu kuat, pasanglah timer selama lima belas menit. Jika dalam lima belas menit Anda dapat bertahan untuk tidak tergoda, maka godaan melanggar program penurunan berat badan pun akan lenyap. 


Postingan populer dari blog ini

Wajah Berjerawat Dilawan dengan Odol

Wajah berjerawat bikin geregetan! Itulah sebabnya, beberapa orang melakukan pencat-pencet jerawat-jerawat yang mulai menguning.  Keluarnya mata jerawat menimbulkan kepuasan tersendiri. Beberapa orang bereksperimen untuk mengobati jerawat dengan mengoleskan odol.       

Kulit Berjerawat..ke Dokter Kulit Sajakah?

Jerawat bukan hanya masalah bagi kaum remaja, kulit orang dewasa pun dapat berjerawat. Kulit wanita secara rata-rata lebih rentan berjerawat daripada kulit pria.

Resep Madu untuk Penurunan Berat Badan

Madu, adalah kawan baik yang berguna dalam menurunkan berat badan yang berlebihan. Lho, bukannya madu mengandung sejenis gula yang menyebabkannya terasa manis? Madu memang mengandung sejenis gula, namun madu juga mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Inilah salah satu keuntungan yang dapat diperoleh dari madu, dan tidak terdapat pada gula.