Langsung ke konten utama

Berat Badan dan Tidur Malam

Bila kita sudah mantap dengan niat untuk menurunkan berat badan, maka segera perbaiki waktu dan kualitas tidur. Tidur yang cukup dan berkualitas ternyata sangat mendukung program manajemen berat badan berlebihan. Ini bukan hanya mitos, tetapi memang berkaitan dengan hormon yang menimbulkan rasa puas atau lapar pada diri seseorang.    

Tidur malam yang cukup dan pulas dapat meningkatkan produktifitas Anda karena Anda memiliki energi yang cukup untuk memulai hari. Selain itu, dalam kaitannya dengan usaha-usaha penurunan berat badan, kualitas tidur yang baik di malam hari dapat membantu kita untuk tidak berlebihan dalam hal makan. Ini betul-betul bukan mitos, melainkan hasil dari sebuah riset mengenai obesitas yang dilakukan oleh suatu universitas di Amerika. 

Hasil riset mengatakan bahwa terdapat faktor hormon yang berkaitan dengan kualitas tidur seseorang. Ketika kita lelah akibat kuantitas dan kualitas tidur yang buruk, maka hormon yang mendorong kita untuk merasa lapar akan meningkat. Dengan meningkatnya hormon 'lapar' tersebut, kita pun akan terdorong untuk makan lebih banyak. Sementara itu, tubuh yang kelelahan karena kurang tidur akan menurun metabolismenya dan membutuhkan hanya sedikit kalori saja untuk beraktivitas. Sehingga dapat dibayangkan akibatnya, dengan dorongan hormon tersebut, kita akan cenderung makan lebih banyak sementara tubuh sebetulnya hanya membutuhkan sedikit kalori saja. Ini berarti pasokan kalori yang masuk akan melebihi pasokan kalori yang dibutuhkan tubuh. Sisa kalori yang tidak diperlukan tubuh selanjutnya akan tersimpan sebagai lemak, dan hasilnya tentu saja berat badan meningkat.

Jadi, ayo siapkan diri kita untuk memiliki waktu tidur yang cukup dan kualitas tidur malam yang baik agar program penurunan berat badan dapat mencapai hasil yang diharapkan.

Postingan populer dari blog ini

Wajah Berjerawat Dilawan dengan Odol

Wajah berjerawat bikin geregetan! Itulah sebabnya, beberapa orang melakukan pencat-pencet jerawat-jerawat yang mulai menguning.  Keluarnya mata jerawat menimbulkan kepuasan tersendiri. Beberapa orang bereksperimen untuk mengobati jerawat dengan mengoleskan odol.       

Kulit Berjerawat..ke Dokter Kulit Sajakah?

Jerawat bukan hanya masalah bagi kaum remaja, kulit orang dewasa pun dapat berjerawat. Kulit wanita secara rata-rata lebih rentan berjerawat daripada kulit pria.

Resep Madu untuk Penurunan Berat Badan

Madu, adalah kawan baik yang berguna dalam menurunkan berat badan yang berlebihan. Lho, bukannya madu mengandung sejenis gula yang menyebabkannya terasa manis? Madu memang mengandung sejenis gula, namun madu juga mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Inilah salah satu keuntungan yang dapat diperoleh dari madu, dan tidak terdapat pada gula.